9 Aplikasi Gratis Terbaik Penyelamat Hidup Kamu Di Dalam Kelas, Siswa dan Mahasiswa Wajib Tau!

Ilustrasi deretan aplikasi di layar Iphone telusur dari csmarena.com



LUMBUNGTRUST.COM - Tak bisa dipungkiri, arus perkembangan teknologi telah merambat ke seluruh lini kehidupan manusia, baik dari segi pekerjaan, profesi, transaksi jual beli, bahkan kegiatan belajar mengajar. 

Kutipan dari Wonderslist atas survei yang dilakukan oleh McGraw-Hill, lebih dari 75% siswa belajar menggunakan perangkat modern, salah satunya ialah ponsel pintar dan tablet. Dan lebih dari 60% siswa mengatakan kalau mereka merasa lebih siap di dalam kelas dengan bantuan perangkat canggih.

Baca juga : 

             Tes Kepribadian : Cara Memegang Handphone Bisa Ungkap Kepribadianmu, Apakah Kamu Karismatik?


Artinya, dengan dimulainya musim sekolah, kebiasaan sebagian besar dari siswa bersiap untuk belajar dimalam hari dengan meletakkan banyak buku di atas meja sudah mulai tergeserkan dengan satu buah ponsel pintar atau tablet dengan jaringan internet yang cukup untuk Searching segala yang mereka butuhkan dalam proses belajar.

Nah kali ini, kalian akan disuguhkan dengan sejumlah aplikasi yang dijamin sangat dibutuhkan oleh kamu yang masih duduk dibangku sekolah ataupun kampus saat ini. Aplikasi-aplikasi tersedia untuk ponsel ini semakin sangat membantumu untuk mendapatkan nilai lebih, pengetahuan khusus yang kamu inginkan, bahkan menemukan jawaban dari setiap soal yang diberikan gurumu. Apa saja aplikasi-aplikasinya? Berikut rangkuman lumbungtrust.com dari berbagai sumber aplikasi pendidikan yang berbeda. 


Aplikasi Penyelamat Hidupmu Di Dalam Kelas yang Harus Kamu Miliki



1. BRAINLY

Screenshot tampilan aplikasi Brainly di layar ponsel

Brainly sendiri adalah aplikasi yang disajikan bagi para pelajar dan mahasiswa, yang berguna untuk menanyakan tentang semua pelajaran di sekolah tanpa terkecuali yang belum sempat kamu fahami, entah itu tentang soal Matematika, Penjaskes, Fisika, Kimia, Geografi, Bahasa Inggris, Arab, Jepang, Indonesia, Mandarin, Seni, Sosiologi, Akuntansi, Wirausaha, PPKN, IPS, TI, Ekonomi, Bahasa Daerah, Sejarah, dan segala jenis pertanyaan lainnya tentang pelajaran.


2. Microsoft Office Mobile

Logo Microsoft Office Mobile

Nah yang ini juga merupakan salah satu aplikasi gratis terbaik dan paling favorit yang dimiliki kebanyakan siswa. Dengan adanya aplikasi ponsel ini kamu sudah tidak perlu lagi susah-susah membawa laptop ke manapun. Kamu hanya perlu menghadirkan aplikasi ini di handphone mu, dan kamu bisa membuat serta membuka MS Word dan MS Excel dari hadphone kapanpun dan di manapun kamu butuh.


3. Easy Bib

Tampilan logo Easy Bib

Easy Bib sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu aplikasi pendidikan gratis terbaik yang pernah ada. Aplikasi yang dapat membantumu membuat makalah penelitian sampai menyiapkan daftar pustaka. Aplikasi ini juga menyiapkan banyak fitur untuk memilih gaya kutipan. Barcode sebuah buku juga dapat menghasilkan sebuah kutipan. 


4. PT 2021 (Periodic Table 2021) - CHEMISTRY

Logo Periodic Table 2021 Chemistry

Aplikasi gratis satu ini justru khusus mengarahkanmu ke penampilan tabel periodik lengkap pada antarmuka home, aplikasi ini dapat membantumu untuk menemukan unsur-unsur kimia atau penggabungan unsur kimia, kamu juga dapat menggunakan larutan di aplikasi ini. Sebagai intinya, aplikasi ini sangat membantu dan menjawab seluruh pertanyaan mengenai kimia, unsur dan larutan di dalamnya.

Baca juga : 
                 Notif Mana Nih Yang Bisa Bikin Kamu Senyum-senyum Sendiri. Nomor 2 Atau 7 Yang Paling Kamu Tungu?


5. SCRIBD

Tampilan Scribd dimode pencarian

Aplikasi yang kerap disebut Netflix buku ini juga bisa membantumu mengakses ke lebih dari satu juta buku, buku audiom, dan dokumen akademis lainnya. Kamu juga dapat menyimpan buku di perangkat ponselmu sehingga kamu bisa membacanya kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu dan tempat.


6. DUOLINGO 

Tampilan aplikasi Duolingo dimode pencarian Google Playstore

Dengan fitur-fitur yang tidak akan buatmu jenuh yang disuguhkan aplikasi ini, sangat cocok bagi kaum pelajar atau mahasiswa untuk menggunakannya. Di sini kamu bisa belajar banyak bahasa seperti bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Portugal, India, hingga bahasa Korea. Dengan menggunakan gabungan audio visual kamu bisa belajar berbagai macam bahasa dengan cara yang lebih Fun. Dan pastinya dengan aplikasi ini kamu bisa Learning Languages Free.


7. My Study Life - School Planner

Contoh tampilan aplikasi My Study Life di layar handphone, tablet, dan PC


Aplikasi My Study Life sendiri adalah sebuah aplikasi hebat catatan kertas. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk merancang sesuatu mengenai semua kegiatan pembelajaran. Kamu bisa menyimpan catatan pekerjaan rumah hingga catatan ujian, aplikasi ini sangat mudah untuk dikelola.


8. Wolfram

Tampilan aplikasi Wolfram ketika dioperasikan

Aplikasi satu ini akan membantumu dalam memberikan jawaban dan menyiapkan laporan tantang banyak topik. Topik yang tersedia pun tak terbatas seperti astronomi, silsilah, trigonometri, mitologi, dan lain sebagainya. 

Aplikasi ini juga bisa membantumu membuat grafik dengan informasi dan penjelasan step by step atau langkah demi langkah serta perincian formula. Wolfram adalah aplikasi sahabat bagi siswa dan mahasiswa. 


9. MATHWAY

Tampilan aplikasi Mathway dari hasil pencarian Google dan laman untuk mendownload

Aplikasi ini sendiri akan menawarkan pemecahan segala masalah untuk soal matematikamu dengan mudah. Adapun materi yang dapat dibantu penyelesaiannya oleh Mathway antara lain seperti matematika dasar, prekalkulus, pra-aljabar, aljabar, kalkulus, aljabar linear, triginometri, dan kimia.

Cara penggunaannya sendiri, kamu cukup memilih materi yang dirasa sulit kemudian menanyakan sebuah soal dan aplikasi ini akan memberikan jawaban beserta langkah-langkah penyelesaiannya.



                                                                          



Baca Juga